alangalangkumitir

Javanese Manuscripts

DASA WASITA


Oleh : Bapak Mei Kartawinata

PERTAMA:
Janganlah membiarkan dirimu dihina dan direndahkan oleh siapapun, sebab dirimu tidak lahir dan besar oleh sendirinya, akan tetapi dilahirkan dan dibesarkan penuh dengan cinta kasih Ibu dan Bapakmu. Bahkan dirimu itu sendirilah yang melaksanakan segala kehendak dan cita-citamu yang seyogyanya kamu berterima kasih kepadanya.

KEDUA:
Barang siapa menghina dan merendahkan dirimu, sama juga artinya dengan menghina dan merendahkan Ibu Bapakmu, bahkan Leluhur Bangsamu.

KETIGA:
Tiada lagi kekuatan dan kekuasaan yang melebihi Tuhan Yang Maha Belas dan Kasih. Sifat belas kasih itupun dapat mengatasi dan menyelesaikan segala pertentangan/pertengkaran, bahkan dapat memadukan paham dan usaha untuk mencapai tujuan yang lebih maju, serta menyempurnakan akhlak dan meluhurkan budi pekerti manusia.

KEEMPAT:
Dengan kagum dan takjub kamu menghitung-hitung tetesan air yang mengalir merupakan kesatuan mutlak menuju lautan, sambil memberi manfaat kepada kehidupan manusia, binatang dan tumbuh-tumbuhan. Akan tetapi belum pernah kamu mengagumi dan takjub terhadap dirimu sendiri yang telah mempertemukan kamu dengan dunia dan isinya. Bahkan kamu belum pernah menghitung kedip matamu dan betapa nikmat yang kamu telah rasakan sebagai hikmat dari Tuhan Yang Maha Esa.

KELIMA:
Kemana kamu pergi dan di manapun kamu berada Tuhan Yang Maha Esa selalu beserta denganmu.

KEENAM:
Perubahan besar dalam kehidupan dan penghidupan manusia akan menjadi pembalasan terhadap segala penindasan, serta mencetuskan/melahirkan kemerdekaan hidup Bangsa.

KETUJUH:
Apabila pengetahuan disertai kekuatan raga dan jiwanya digunakan secara salah untuk memuaskan hawa nafsu, akan menimbulkan dendam kesumat, kebencian, pembalasan dan perlawanan. Sebaliknya apabila pengetahuan dan kekuatan raga serta jiwamu digunakan untuk menolong sesama, akan menumbuhkan rasa kasih sayang dan persaudaraan yang mendalam.

KEDELAPAN:
Cintailah sesama hidupmu tanpa memandang jenis dan rupa, sebab apabila hidup telah meninggalkan jasad, siapapun akan berada dalam keadaan sama tiada daya dan upaya. Justru karena itu selama kamu masih hidup berusahalah agar dapat memelihara kelangsungan hidup sesamamu sesuai dengan kodratnya menurut kehendak Tuhan Yang Maha Esa.

KESEMBILAN:
Batu di tengah kali (sungai), jikalau olehmu digarap menurut kebutuhan, kamu bisa menjadi kaya raya karenanya. Dalam hal itu yang membuat kamu kaya raya bukanlah pemberian dari batu itu, akan tetapi adalah hasil kerjamu sendiri.

KESEPULUH:
Geraklah untuk kepentingan sesamamu, bantulah yang sakit untuk mengurangi penderitaannya. Kelak akan tercapailah masyarakat kemanusiaan yang menegakkan kemerdekaan dan kebenaran.

1 Comment

  1. LudiroSeto

    Sepuluh Petuah Bijak diatas yang harus kita cermati dan kita Hayati.
    *** Menambahkan Artikel Diatas ***

    Didalam ilmu Tasawwuf kita mengenal ” Tujuh Lathoif ” dan ini yang membedakan Derajad Malaikat, Derajad Manusia dan Derajad Hewan.
    dan didalam ilmu Insan Kamil diterangkan bahwa manusia memiliki 11 macam Ruh, malaikat memiliki 7 macam Ruh dan hewan memiliki 5 macam Ruh, Tumbuh2an memiliki 3 macam Ruh dan jenis Bebatuan memiliki 2 macam Ruh. oleh sebab itu yang membedakan derajat Manusia lebih tinggi dari makhluk yang lainnya disamping Manusia memiliki 7 lathifah juga memiliki 11 Ruh yang semuanya masuk dan menyatu didalam Badan Wadak ( Jasad ).
    Dan untuk Membahas tentang Kasih- Sayang atau Mahabbah,Marilah kita Muthola’ah kepada Sumbernya Rasa kasih-sayang/welas-asih yaitu Latifatus Sirri ( salah satu Latifah diantara Tujuh Latifah ) yaitu Ruh Rohmani sebagai Pewayangane Dzatulloh/Af’alipun Ruh Quddus/ Persifatane Ruh Idlofi.
    didalam Ruh Rohmani terdapat Hati namanya ” Ati Sirri ” atau SirruRobbi HUwa Akhfa. didalamnya lagi ada Sukma namanya Sukma Sejati warnanya Putih.
    Ruh Rohmani bertanggung Jawab Penuh kepada Robbul Izzati ( Tuhan Semesta Alam ). oleh sebab itu setiap manusia yang melakukan kesalahan/kejahatan/kerusakan/dendam & Benci pada dasarnya mereka yang melakukan itu Tahu dan merasa bahwa perbuatannya itu salah/keji atau melanggar/berdosa/mengingkari.
    Ati Sirri adalah salah satu Hati yang paling Tidak bisa dibohongi, karena Sirru Robbi – Robbi Huwa Akhfa adalah warisan setiap manusia sejak dalam kandungan/Janin memasuki Proses tahapan dari Alam Arwah menuju Alam Ajzam, sebelum Bayi lahir ke alam Nasut ( alam Dunia ini ).
    *sedangkan didalam ilmu Syariat dikatakan bahwa Besok dihari Pembalasan semua manusia dihadapkan dg Yaumul Hisab atau hari penghisaban, dimana pada waktu itu tangan, kaki,mata,telinga.hidung semuanya berbicara untuk menjadi saksi atas semua perbuatan dosa manusia, Tetapi kalau menurut Pendapat orang2 Ma’rifat bahwa yang dimaksud itu semua adalah Ruh Rohmani/Ati Sirri yang bersinergi dengan Ruhulloh Azza wa Jalla ( martabat Ahadiyat ), dan terjadi dialam fana ini ( alam Dunia), sehingga setiap Seseorang yang melakukan kejahatan, walaupun mulut mereka terkunci/berbohong kepada sesama, akan tetapi Ruh Rohmani tidak bisa dibohongi dan didalam hatinya sendiri berkata bahwa perbuatan yg dilakukannya adalah suatu kesalahan/pelanggaran diri sendiri. ( Begitullah Yaumul Hisab yang sebenarnya sdh terjadi sejak lahir khatta ila Ajal )
    ** oleh sebab itu Marilah kita Bertafakkur dg mendayagunakan Ruh Rohmani ( Ruh kasih Sayang milik Tuhan yg dititipkan pada setiap manusia ) agar dalam Hati Sirri kita dipenuhi dengan Rasa Kasih Sayang Terhadap Sesama & juga terhadap seluruh makhluk yang ada.
    Karena Hilangnya Rasa kasih sayang akan menimbulkan Rasa Perselisihan, rasa kebencian bahkan menjadikan kerusakan/perpecahan/kemungkaran dan kebinasaan. bahkan semua Penyakit Hati itu sumbernya karena runtuhnya Ruh Rohmani dan kesyirikan jg pangkal lemahnya Ruh Rohmani. ( Hewan menjadi kanibal karena tdk memiliki Ruh Rohmani ). oleh karena itu jika Ruh Rohmani seseorang menjadi lemah maka maka manusia tak ubahnya berprilaku seperti hewan.
    ***Salam untuk Semuanya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: