Kidung ini dianggap sakral dan merupakan “lagu wajib” yang harus dilagukan di awal ritual. Tahap ini seperti halnya adegan jejeran dalam wayang kulit yakni dalam bentuk metrum macapat Dhandhanggula. Pembawaan lagu selalu khidmat dan tidak ada yang bergurau. Pada saat dilagukan Kidung Jatimulya, keadaan ritual menjadi tidhem (diam), mendengarkan, merasakan, dan menghayati kedalaman makna Kidung menurut persepsi masing-masing. Dengan cara itu, terbukalah nalar weningnya (pikiranjernih) untuk menerima gaib.
Kidung Jatimulya Kidung ini adalah “lagu wajib” yang digunakan sebagai pembuka ritual. Melalui Kidung yang sakral tersebut, pelaku spiritual berkeyakinan bahwa Tuhan akan semakin sayang kepada hambanya. Kidung Jatimulya juga dipercaya sebagai upaya membuka gaib Tuhan. Para pelaku spiritual yakin bahwa Tuhan memang merahasiakan tiga hal, yaitu: siji pesthi, lorojodho, dan telu tibaning wahyu. Ketiga hal ini, oleh pelaku spiritual selalu diwiradati (disiasati) dengan cara seperti orang ‘ketuk pintu’ menggunakan lantunan Kidung Jatimulya :
Dandhanggula
Ana kidung sun angidung wengi,
Bebaratan duk amrem winaca,
Sang Hyang Guru pangadege,
Lumaku Sang Hyang Bayu,
Alambeyan asmara ening,
Ngadeg pangawak teja,
Kang angidung iku,
Yen kinarya angawula,
Myang lelungan Gusti gething dadi asih,
syaitan sato sumimpang.
Sakathahing upas tawa sami,
Lara raga waluya nirmala,
Tulak tanggul kang panggawe,
Duduk padha kawangsul,
Ketawuran sagunging sikir,
Ngadam makdum sadaya,
Datanpa pangrungu,
Pangucap lawan pangrasa,
Myang paningal kang sedya tumeka napai,
Pangreksaning malaikat.
Jabrail ingkang angemongi,
Milanipun ketetepan iman,
Dadi angandel atine,
Ijrail puniku,
Kang rumeksa ing pati urip,
Israil dadi damar,
Padhang jroning kalbu,
Mikail kang asung sandhang,
Lawan pangan enggale katekan kapti,
Sabar lan anarima.
Matur suwun Mas Kumitir.
Saya sangat bersyukur menemukan mutiara yang sangat berharga, yaitu karya sastra/doa yang merupakan warisan leluhur yg sangat langka.
Kalo boleh tahu kidung tsb. siapa yg menciptakan Sunan Kalijogo kah? atau para wali yang lain atau para pujangga winasis yg lain? Yang jelas begitu indah dan dalam maknanya.
Salut buat Mas Kumitir, mohon pencerahannya, dan terus berkarya…!
assalamualalikum……..
salam sejahtera….. utk mas kumitir ats jasa dalm mempublikasikan…akidah-akidah islam yang selama in telah hilang….
dengan ajar2an yang klasic……yang lebih bisa mrasuk kedalm jiwa
mas klo bisa tolong dalm bahasa indonesia saja….meskipun harus teks asli saya mohon disertai terjamahan indonesia….
dan tolong ditulis by sumber nya….
semua sangat berguna sekali buat saya ……..
trims,
assalamualalikum……..
salam sejahtera….. utk mas kumitir ats jasa dalm mempublikasikan…akidah-akidah islam yang selama in telah hilang….
dengan ajar2an yang klasic……yang lebih bisa mrasuk kedalm jiwa
mas klo bisa tolong dalm bahasa indonesia saja….meskipun harus teks asli saya mohon disertai terjamahan indonesia….
dan tolong ditulis by sumber nya….
semua sangat berguna sekali buat saya ……..
trims,
teruskan…… suwun
nyuwun sewu ki nyuwunpirso umpami kidung namung di woco kimawon mboten ditembangke mocopot amargi kulo nak nembang suwarane ngalor ngidul
matur sembah nuwun mas kumitir dados pepadange jagat.
matur nuwun mas Kumitir derek maos
Sekabehe tulisan smpean bsa gawe ademe pikir ingkang maos,matur suwun
matur nuwun mas tir mugi ndiko tansah winantu ing karaharjan
matur nembah nuwun mas …..kumitir
salam kenal & silaturahmi sama kang admin! . link akang sudah di pasang di sidebar “Friends’ Links” & Hal blogroll ku. berharap akang berkenan link balik . terima kasih sbelumnya!
aslm. mas kumitir,,,, piye kabare????
Matur sembah nuwun kang mas kumitir.. Dados obor kangge lakuning urip..